Ahad, 9 April 2017

INDAHNYA PERBEDAAN

Al-Imam Kamaluddin Ad-Damiry bercerita :

روي أن الرشيد أعطاه ثلاثة ألاف دينار فأخذها ولم ينفقها فلما أرد الرشيد الشخوص الى العراق قال لمالك : ينبغي أن تخرج معنا فإني عزمت أن أحمل الناس على الموطاء كما حمل عثمان رضي الله عنه الناس على القرآن فقال له : أما حمل الناس على الموطاء فليس إلى ذلك سبيل فإن أصحاب محمد صلى الله عليه وسلم افترقوا بعده فى الأمصار فحدثوا فعند أهل كل مصر علم وقد قال صلى الله عليه وسلم : إختلاف أمتي رحمة

Suatu hari Sultan Harun Ar-Rasyid memberikan wang sejumlah 3.000 Dinar kepada Imam Malik rohimahullah, beliau menerimanya tetapi tidak memakainya. Setelah Ar-Rasyid hendak berangkat ke Irak, dia berkata kepada Imam Malik; "Sebaiknya kau ikut aku, aku ingin mengajak ummat untuk menjadikan kitab Muwattho' sebagai rujukan sebagaimana dulu Sayyidina Utsman mengajak ummat untuk merujuk pada Al-Qur'an yang beliau tetapkan (Mushaf Utsmani)".

Imam Malik menjawab;  "Menggiring ummat agar ikut Muwattho' sepertinya tidak ada jalan paduka, kerana Sahabat Baginda Rasulullah SAW setelah beliau meninggal menyebar ke pelosok kota, jadi setiap kota sudah pasti ada ulama-nya, dan Baginda Rasulullah SAW bersabda; "Perbedaan ummatku adalah rahmat". Hayatul Hayawan jilid 2 hal. 476)

Imam Malik rahimahullah telah mencontohkan sebuah kewara'an yang luar biasa dan juga bagaimana cara menghargai sebuah perbedaan, seakan-akan beliau berpesan kepada kita semua agar tidak pernah berusaha memaksa ummat untuk mengikuti satu madzhab, sebagaimana beliau tidak mahu jika ummat semuanya ikut mazhab Maliki, apalagi jika sampai melarang ummat untuk mengikuti mazhab lain.

Adapun makna hadits yang terdapat pada cerita di atas menurut Al-Imam Al-Qutb Abdul Wahhab As-Sya'rani adalah :

« إختلاف أمتي رحمة » اي توسعة عليهم وعلى أتباعهم فى وقائع الأحوال المتعلقة بفروع الشريعة وليس المراد إختلافهم فى الأصول كالتوحيد وتوابعهم

Makna rahmat pada hadits tersebut adalah memberikan keleluasaan terhadap ummat dan para pengikutnya di dalam hal yang bersifat waqi'iyah (yang sudah terjadi) dalam masalah furu'iyah bukan berbeda dalam masalah ushul (pokok) seperti tauhid dan lain-nya.

Oleh sebab itulah ulama salaf tidak suka dengan istilah ikhtilaf (berbeda), mereka lebih senang dengan istilah tausi'ah (memberi keleluasaan) kerana khawatir orang awam salah dalam memahami-nya.

Bahkan Imam Sufyan Al-Tsaury berkata:
لاتقولوا إختلف العلماء فى كذا وقولوا وسع العلماء على الأمة بكذا

"Jangan pernah kalian berkata, ulama berbeda (pendapat) dalam hal ini, tapi katakanlah, ulama memberi keluasaan kepada ummat dalam hal ini. [Al-Mizan Al-Kubro juz 1 hal. 25]

والله أعلم....

Faidah dari ustadz Abdul Muhshi حفظه الله

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

SIFAT KEMURAHAN ALLAH

D i antara nama dan sifat Allah SWT adalah “Rahman”, “Rahim”, "Hannan", "Mannan", "Kareem" yang menunjukkan pa...